Tips Sukses Dalam Berkarir

on August 20, 2013
Banyak orang yang telah lama berkarir, namun tiba-tiba pindah haluan karir hanya karena sebuah hambatan ataupun masalah kecil yang dirasa amat menyakitkan. Tips hidup sukses meniti karir serta cara mempertahankan karir merupakan upaya strategi yang dilakukan seseorang dalam upaya mempercepat terwujudnya suatu karir yang diinginkan. Selain itu juga sebagai langkah pencegahan terjadinya kegagalan dan frustasi karir yang dijalani.

Tips dalam berkarir.jpg

Berikut ini melalui liputan harian tentang tips untuk hidup sukses dalam berkarir :

1. Tetapkan tujuan dan niat yang jelas terhadap karir yang Anda jalani

Tujuan, orientasi dan niat merupakan hal-hal yang akan membuat kita bertahan dalam melakukan suatu aktivitas pekerjaan.

Begitupun karir yang Anda jalani, Anda harus menetapkan tujuan, membuat orientasi dan memasang niat sebaik-baiknya. Hal ini agar kelak ketika aneka kegoyahan Anda rasakan, ketiga hal tersebut dapat menjadi landasan berpijak agar tidak goyah.

2. Teguh, sabar dan ulet

Sikap sabar merupakan modal Anda untuk dapat bertahan dalam sebuah kondisi sulit. Segala sesuatu perlu dijalani dengan ketekunan dan keuletan.

Tekun menjadi modal untuk sukses. Orang yang sukses adalah mereka yang berkali-kali mengalami kegagalan dalam karirnya namun tetap teguh, sabar dan ulet dalam mewujudkan impian-impian karirnya.

Memahami makna bahwa kesuksesan dalam hal pekerjaan dan karir itu bukanlah suatu hal yang instan akan mendorong Anda menjadi sosok yang ulet dan sabar.

3. Kreatif dan inovatif dalam mewujudkan sesuatu

Teguh dan sabar saja tidak cukup sebagai upaya tips hidup sukses dalam meniti karir.

Anda perlu melakukan langkah-langkah strategi yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan cita-cita Anda. Lakukan sesuatu hal positif yang berbeda dari orang-orang lain di sekitar Anda.

Cara-cara kreatif yang Anda lakukan merupakan upaya cerdas sebagai upaya pemercepat tercapainya tujuan dan cita-cita karir Anda. Upaya inovatif yang Anda lakukan merupakan langkah berani yang terkadang membutuhkan tanggung jawab sebuah resiko.

Namun sesuatu yang akan sukses memang harus didahului dengan sebuah langkah berani yang spektakuler.
Tips Hidup Sukses di Kantor

Sebagai karyawan, masih banyak diantara kita yang masih belum mengetahui tips hidup sukses di kantor. Padahal, jika tahu apa saja tips hidup sukses di kantor, dijamin kita bisa menjadi karyawan kesayangan bos. Mau tahu apa saja yang termasuk tips hidup sukses di kantor? Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diketahui oleh seorang karyawan.

1. Banyak Bertanya, Sesat di Kantor

Sebagai karyawan, seharusnya Anda menguasai apa yang Anda kerjakan. Jika sudah mengetahui jawaban dari suatu permasalahan, buat apa bertanya lagi pada pimpinan Anda. Seorang pimpinan akan merasa sangat terganggu ketika harus melayani pertanyaan karyawan yang sebenarnya jika dilogikakan, si karyawan sudah mengetahui jawabannya.

Kurangilah pertanyaan-pertanyaan yang tidak penting kepada atasan Anda. Jangan coba-coba mengajukan banyak pertanyaan hanya untuk meminta perhatian atasan. Salah-salah, bukan jawaban yang Anda dapatkan, melainkan "surat cinta" Pemutusan Hubungan Kerja yang mendarat di meja.

2. Berlebaran Tiap Hari?

Lebaran identik dengan bermaaf-maafan. Seorang atasan akan menganggap Anda sebagai karyawan lemah dan tidak berguna jika setiap melakukan kesalahan hanya bisa meminta maaf tanpa mau melakukan hal lain lagi.

Cara yang lebih baik jika Anda berada di posisi salah adalah tidak perlu mengucapkan permintaan maaf. Gantilah kata maaf tersebut dengan kata lain, seperti “Saya akan memperbaikinya, Pak!” atau “Saya akan mencoba cara lain agar pekerjaan ini bisa diselesaikan tepat waktu.”

Untuk itu Anda harus dapat kerja cerdas, selalu memikirkan segala dampak aktivitas di kantor. Pertama adalah dengan mengetahui misi, target, atau tujuan dari tempat bekerja. Setelah itu ketahui segala peraturan dan karakteristik para pimpinan di tempat kerja. Dengan wawasan sederhana tersebut, seorang pekerja dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerjanya dengan sempurna. Walaupun nanti ada kesalahan dalam bekerja, namun bukanlah kesalahan fatal yang melanggar prinsip dan aturan yang telah ditetapkan.

3. Emosi Tidak Terkendali

Emosi yang tidak terkendali sangat merugikan. Seringkali, emosi kita akan mudah terpancing jika ada customer perusahaan atau rekan kerja lain yang memojokkan kita. Kendalikan emosi ini. Jika kita tidak mampu mengendalikan emosi, kita sendiri yang akan rugi. Biasanya, perusahaan sangat tidak berkenan dengan karyawan yang emosinya tidak terkendali.

Saat akan memasuki kantor sebaiknya meninggalkan permasalahan di rumah, jangan sampai urusan di rumah mempengaruhi kualitas kerja. Begitu pun sebaliknya, jangan bawa urusan kantor pulang ke rumah. Rumah adalah tempat istirahat dan bergaul dengan anggota keluarga yang lain. Banyak para pekerja yang karirnya tinggi justru telah membuat batasan antara urusan keluarga dan pekerjaan. Pemisahan urusan tersebut akan dapat menjaga emosi dan pikiran kita saat bekerja.

4. Jujur

Kejujuran itu mahal harganya. Sekali Anda tidak jujur, selamanya Anda akan dicap sebagai pembohong. Begitu juga di dalam perusahaan. Jika meminta izin untuk tidak masuk kerja, alangkah baiknya jika Anda menceritakan keadaan yang sebenarnya. Bukannya mengarang cerita bahwa Anda sakit. Padahal, Anda sedang pulang kampung untuk perayaan pernikahan adik Anda.

5. Mengerjakan Tugas Semaksimal Mungkin

Karyawan yang baik adalah karyawan yang mampu dan mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh pimpinannya. Dengan menerima berbagai pekerjaan, termasuk pekerjaan baru yang sebenarnya bukan tugasnya, karyawan tersebut akan menarik simpati pimpinan dan mendapatkan ilmu baru yang berguna bagi dirinya.

6. Aktif dan Kreatif

Karyawan yang aktif dan kreatif adalah karyawan yang mampu memberikan ide-ide segar bagi perusahaan dan mampu merealisasikan ide-ide tersebut sehingga menjadi kenyataan. Janganlah jadi karyawan yang tong kosong nyaring bunyinya. Hanya mampu berkoar-koar memiliki ide segar untuk kepentingan perusahaan, namun tidak mampu berbuat apa-apa untuk merealisasikannya.

7. Masa Karyawan Cengeng?

Tiap hari mengeluh. Ada saja hal yang dikeluhkan tanpa henti. Karyawan seperti ini termasuk dalam kategori karyawan cengeng. Seperti itukah Anda?

Seorang atasan akan sangat menghargai Anda jika Anda mau dan mampu menghadapi berbagai masalah yang terjadi dalam pekerjaan dengan tegar tanpa mengeluh sedikit pun.

0 comments:

Post a Comment